Seorang mahasiswa NTU asal Indonesia bunuh diri??

Seorang pelajar Indonesia di NTU (Nangyang Technoligal University) bunuh diri loncat dari lantai 4?? Kemarin pagi pertama kali kulihat berita itu di Seputar Indonesia Pagi, langsung aku SMS adekku yang kuliah di UNS, jurusannya sama kayak aku. Kabarnya pelajar yang dimaksud bernama David, mahasiswa tingkat akhir jurusan teknik yang sedang menggarap tugas akhirnya tentang visualisasi 3 dimensi. Sebelum kejadian, David bertemu dengan dosen pembimbing tugas akhirnya, dan diketahui bahwa dosen tersebut mendapat luka tusuk di tubuhnya, dan saat ini sedang di rawat di rumah sakit. Spekulasi yang berkembang, David depresi akibat beban kuliah dan tugas akhirnya yang berat, kemudian nekat melukai dosen pembimbingnya dan akhirnya bunuh diri dengan cara loncat dari gedung. Dugaan lain, pelajar yang sudah hampir selesai kuliahnya ini stres karena akhir-akhir ini nilainya turun, walaupun masih tergolong lebih baik dari teman-temannya, dan gosip bahwa beasiswa yang didapatnya akan dicabut. Ironisnya, David sendiri tercatat sebagai mahasiswa NTU yang outstanding. Cerdas, berprestasi, baik dalam pergaulan, dan pernah menjabat sebagai presiden organisasi olah raga di NTU. Dia alumni salah satu SMA di Jakarta, dan pernah ikut olimpiade SAINS di Mexico tahun 2005. Dia juga pernah menjabat sebagai presiden PINTU (Pelajar Indonesia NTU), suatu organisasi yang dibentuk oleh pelajar NTU yang berasal dari Indonesia.
NTU merupakan universitas yang masuk top 100 universitas-universitas terbaik di dunia. Jumlah mahasiswanya mencapai 21000 orang yang berasal dari berbagai penjuru dunia, termasuk 600 mahasiswa asal Indonesia. Keren! Kalo mendengar nama NTU, ITB,.. jadi teringat waktu SMA, dulu aku sempat berniat masuk ke sana. Pernah mengambil formulirnya, syarat-syaratnya, & sampai mau ikut seleksi penerimaan & beasiswanya. Tapi gagal, hick..hick..! Alhamdulillah, akhirnya nyasar ke UGM. Rasanya UGM, NTU, ITB itu merupakan saudara sepupu. Berita-berita tentang ketiga universitas itu selalu menarik buat aku, hwakakakka.
Kenapa aku langsung SMS adekku? Cuz i dont want her to miss this news. Secara adekku sangat rajin banget soal pelajaran (kalo dibandingin aku), & sempat terjadi denial pada dirinya just because didnt pass the exam for UGM, & finally studies at UNS. Berita tentang David tadi bisa jadi pelajaran untuk kita semua. In my opinion, mengejar target itu perlu, tapi ya gak harus gitu-gitu banget kale… Aku rasa kita semua harus siap kecewa begitu kita sudah berani berharap akan sesuatu. Sebuah tujuan atau target menjadi pemicu untuk kita agar berusaha sekuat tenaga untuk meraihnya. Tapi hasil akhir bukan di tangan kita, oleh karena itu aku sangat menghargai proses. Dalam proses itu kita mendapatkan banyak pengalaman berharga yang bisa dijadikan pelajaran. Belajar manajemen waktu, berinteraksi dengan lingkungan, mensyukuri segala sesuatu yang terjadi pada diri kita (everything happen for reason), serta menjaga keseimbangan antara idealisme dan realitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: